Kamis, 03 Maret 2011

Buah Blueberry buah untuk kesehatan

Benefit of fruit : Blueberry adalah tanaman berbunga dalam klasifikasi genus vaccinium, buah berwarna ungu gelap. Blueberry berasal dari dataran Amerika Utara. Pohon blueberry berupa semak-semak yang mencapai 10 cm - 4 M.
Benefits-of-fruit
Blueberry mempunyai 2 spesies yaitu blueberry Lowbush dan blueberry hingbush. Blueberry Lowbush pertumbuhannya sangat cepat, apalagi setelah terjadinya kebaran hutan yang mengakibatkan tanaman blueberry beregenerasi dengan cepat.

Sejumlah varietas dari spesies hingbush yang tersedia mempunyai banyak variasi rasa, banyak tumbuh di British Columbia, Maryland, Western Oregon, Michigan, New Jersey, North Carolina dan Whasington. Produksi blueberry dari varietas hingbush selatan meningkat dari hari ke hari diCalifornia.

Buah ini banyak dijual dalam kondisi segar atau diolah dalam bentuk pure, jus buah. Blueberry banyak mengandung anthocyanin, pigmen antioksidan dan fitokimia lainnya yang membantu untuk mencegah peradangan dan kanker.


Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa blueberry juga mengandung pterostilbene, anthocyanin, resveratrol, flavonols, dan tanin yang membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker serta mengurangi peradangan in vitro. Kulit blueberry banyak mengandung fitokimia yang dikenal sebagai pterostilbene.

Benefits-of-fruit
Selain itu blueberry juga dapat mengurangi resiko penyakit Alzheimer serta mencegah penuaan dini. Ekstrak buah blueberry mengandung zat kimia yang dikenal dengan proantosianidin yang dapat menghambat replikasi virus hepatitis C. Juga dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih, menurunkan kadarkolesterol dalam darah sehingga dapat membantu mencegah resiko penyakit jantung.

Sebuah studi lain yang diterbitkan oleh Journal Of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu meningkatkan daya hafal serta dapat menurunkan kadar gula darah dan defresi.